Home Informasi 4 Jurusan Paling Diminati Oleh Perusahaan Migas

4 Jurusan Paling Diminati Oleh Perusahaan Migas

100
0
Jurusan Diminati Perusahaan Migas

Tahukah Anda bahwa ada 4 jurusan yang paling diminati oleh perusahaan Migas (minyak dan gas). Apakah jurusan anda termasuk kedalam daftar tersebut?

Kita tahu bersama bahwa minyak dan gas merupakan salah satu hal yang paling berharga untuk dijual. Karena itulah beberapa perusahaan menginvestasikan uangnya untuk minyak dan gas.

Selain itu juga perusahaan membayar berbagai tenaga ahli dengan bayaran yang sangat tinggi untuk dipekerjakan demi berhasilnya suatu operasi minyak dan gas.

Lantas, jurusan apakah yang paling diminati/cari oleh perusahaan migas?

Daripada penasaran, langsung saja kita cek daftar di bawah ini.

4 Jurusan Paling Diminati Oleh Perusahaan Migas

1. Petroleum (Teknik Perminyakan)

Yang pertama tentu saja Jurusan Perminyakan, karena jurusan perminyakan jelas memiliki pengetahuan serta basic tentang perminyakan yang diperoleh sewaktu kuliah. Perminyakan merupakan jurusan yang mempelajari teori serta praktik yang berhubungan dengan bagaimana terbentuknya minyak, eksplorasi, produksi dan pengolahan migas.

Perminyakan juga mendapatkan urutan 9 dari 15 jurusan yang paling berharga/bernilai di industry manapaun. – Investopedia.com

2. Geology (Teknik Geologi)

Ahli geologi menentukan tempat mengebor minyak dengan mempelajari struktur bebatuan dan mineral yang terletak di bawah permukaan Bumi.

Gelar ini mendapatkan lebih banyak permintaan baru-baru ini seiring dengan meningkatnya bisnis minyak dan gas di Amerika Serikat yang mengharuskan karyawan dengan keterampilan teknis untuk menguasai pengeboran horizontal dan metodologi baru lainnya.

3. Chemical Engineering (Teknik Kimia)

Perusahaan minyak sering mempekerjakan lulusan teknik kimia untuk bagian hilir bisnis. Bisnis minyak dibagi menjadi komponen hilir dan hulu.

Hulu meliputi eksplorasi dan produksi, sedangkan hilir membutuhkan insinyur kimia untuk menganalisis proses kimia yang terjadi di akhir penyulingan minyak dari siklus. Pemurnian minyak sering distigmatisasi sebagai sisi pejalan kaki kotor dari bisnis minyak.

4. Mechanical Engineering (Teknik Mesin)

Aspek teknik mesin dari bisnis minyak dan gas sering berpusat pada desain dan implementasi proyek besar. Ini mungkin termasuk pembangunan kilang, jaringan pipa dan anjungan minyak lepas pantai.

Keterampilan khusus yang diperlukan termasuk pengetahuan tentang dinamika fluida, teknologi termal, pemodelan 3-D dan metodologi konstruksi yang kompleks. Pekerjaan sering terjadi di lapangan di berbagai tempat.

Setengah dari lulusan dari University of Texas dengan gelar teknik mesin menemukan pekerjaan di industri minyak dan gas. Banyak universitas menawarkan program lima tahun yang memberi mahasiswa gelar sarjana dan master.

Note: Beberapa hal diatas bersumber dari www.investopedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here